Badan Pesawat Casa 212 Masih Utuh,Evakuasi Sulit

Ayo Sumbangkan Uang Receh Untuk Ane...


Tim SAR berhasil mengidentifikasi kondisi pesawat Casa-212-200 milik maskapai penerbangan Nusantara Buana Air yang jatuh di Hutan Bahorok Kabupaten Langkat, Kamis (29/9). Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI Daryatmo SIP di Medan mengatakan, pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi kondisi pesawat meski baru melalui udara.

Dari foto udara yang dilakukan Jumat (30/9) pagi sekitar pukul 07.00 WIB diketahui bahwa pesawat masih dalam keadaan utuh dan hanya mengalami kerusakan pada bagian hidung.
Melihat kondisi tersebut, diperkirakan pesawat yang berisi 14 penumpang dan 4 kru tersebut tidak jatuh terhempas dan sebelum menyentuh punggung bukit sempat menabrak pepohonan terlebih dahulu.

Namun, ketika ditanya kondisi para penumpang mengingat hari ini merupakan hari kedua pasca jatuhnya pesawat, ia mengatakan, meski sudah mengetahui kondisi pesawat namun pihaknya belum bisa mengidentifikasi keadaan penumpang.

Hal itu terjadi karena rapatnya pepohonan dimana lokasi jatuhnya pesawat yang masih termasuk deretan pegunungan Bukit Barisan. Ditambah lagi cuaca di seputar lokasi juga sangat tidak memungkinkan.

"Pesawat jatuh diketinggiaan 5-6 ribu kaki diatas permukaan laut. Angin dilokasi juga sangat kencang hingga menyulitkan tim mengidentifikasi pesawat lebih lama dari udara," katanya.

Sebelumnya, Kamis, pesawat Casa 212-200, nomor penerbangan BA 823 berangkat dari Bandara Polonia Medan pukul 07.28 WIB dengan tujuan Kutacane, Aceh.

Pesawat diperkirakan sampai di Bandara Leuser, Kutacane sekitar pukul 08.00 WIB. Sepuluh menit sebelum mendarat, pesawat hilang kontak di titik koordinat 03 24 LU dan 098 11 BT.

Pesawat keluaran tahun 1989 itu, mengangkut 18 orang penumpang. Empat diantaranya kru pesawat.

Seksi Manager PT Nusantara Buana Air (NBA), Robur, mengatakan pesawat mendarat dalam keadaan darurat di titik koordinat N.03 derajat 23.80 E.098 derajat 01.21. Lokasi mendarat merupakan pegunungan kapur yang terletak di kawasan hutan Bahorok, Kabupaten Langkat. (Ant)

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a reply

Silahkan berkomentar asal jangan spam,OK...?

Saya menghargai apapun yang anda cantumkan dalam komentar

SELAMAT BERKOMENTAR

Popular Posts

Pengikut