Setidaknya 573 dikonfirmasikan tewas setelah salah satu gempa bumi terkuat yang pernah tercatat melanda Jepang, memicu tsunami setinggi 10 meter yang menghancurkan bangunan sepanjang garis pantai bagian timur laut negara itu

Selain itu, gempa dan tsunami juga memicu keadaan darurat di dua pembangkit listrik tenaga nuklir negeri matahari terbit ini.

Media-media lokal melaporkan, Sabtu, jumlah korban tewas diperkirakan akan melebihi 1.000 orang, yang sebagian besar tampaknya telah tenggelam oleh pusaran air .

“Kerusakan itu begitu besar bahwa itu akan membawa kita banyak waktu untuk mengumpulkan data,” kata seorang pejabat di lembaga kepolisian nasional.

Dinding yang menjulang tinggi dihantam air laut dari gempa berkekuatan 8,9, di timur laut kota Sendai, di mana polisi pada hari Jumat melaporkan setidaknya ada 200-300 mayat di sepanjang pantai.

Gelombang air hitam menggelontor truk-truk kontainer, mobil dan menabrak puing-puing melalui jalan-jalan di Sendai dan di lahan pertanian terbuka, sedangkan gelombang pasang lumpur dipenuhi puing-menghancurkan segala benda yang dilewatinya.

Kesennuma, sebuah kota di Jepang timur laut dengan populasi 74.000, dilaporkan menjadi korban kebakaran yang luasnya sepertiga kota, demikian Kantor Berita Jiji .

WASPADAI RADIASI

Kepada Al Jazeera, kantor matereologi Jepang menyatakan, pemerintah bergegas mencegah kecelak

Bookmark the permalink.

Leave a reply

Silahkan berkomentar asal jangan spam,OK...?

Saya menghargai apapun yang anda cantumkan dalam komentar

SELAMAT BERKOMENTAR

Popular Posts

Pengikut